Oleh: sipirprodeo | Januari 19, 2011

Istila-istilah di Penjara

Istila-istilah di penjara

Mungkin bagi anda yang belum pernah masuk penjara (jangan deh, ga enak ! bener!!) atau yang tidak berhubungan dengan dunia penjara akan sangat tidak mengenal istilah2 di dalam penjara. Istilah-istilah tsb sangat beragam, baik dibikin oleh penghuni sendiri atau warisan istilah dari zaman belanda (maklumlah, penjara kitakan warisan kolonial belanda). Jadi bagi anda yang belum tahu istilah di penjara dan ingin tahu, nih saya kasih bocoran, biar nanti klo ketemu mantan napi atau pak sipir ga bingung-bingung amat..

 

1. Portir : Istilah untuk tempat pintu gerbang masuk penjara. Gerbang ini biasanya dijaga oleh petugas portir. Sekarang ada petugas P2U yang membantu petugas portir dalam mengamankan area portir, yaitu menerima tamu, menggeledah bawaan para pembezuk dll

2. Kamar huni : kamar yang diisi oleh tahanan atau napi. istilah kejamnya “SEL”. biar agak halus diubah menjadi kamar huni. tapi ya tetep sama aja tidak ada yang betah.. wkwkwwk. Tiap kamar kadang dihuni 2, 3, 5 dst tergantung sikon. bahkan ada yg dihuni puluhan orang, kayang ikan asin dijejer. ngenes banget ya… makanya jangan coba-coba masuk penjara !! Ya, hal itu karena banyaknya penghuni sedangkan kapasitas rutan/LP banyak yg tidak mencukupi.

3. Blok : Istilah untuk kawasan yang berisi beberapa kamar hunian. biasanya rutan / LP terdiri dari beberapa blok. tiap blok ada bebrapa kamar.

4. tamping : napi yang dipekerjakan. bisa kerja untuk meltih ketrampilan atau membantu pekerjaan petugas sehari-hari. Mereka yg menjadi tamping adalah napi yang sudah memasuki masa asimilasi, yaitu sudah hampir habis hukumannya atau yang punya keahlian dsb.Ada tamping dapur, registrasi, blok, bezukan, air, masjid, poliklinik pertukangan, pertanian dll. disesuaikan dengan kebutuhan dan keahlian.

5. Palkam (kepala kamar) : tiap kamar huni ditunjuk 1 orang sebagai palkam yang bertanggung jawab thd penghuni kamar tsb.

6. Pemuka tamping : Membawahi tamping-tamping dan beratnggungjawab atas pekerjaan tamping.

7. angin-angin : waktu istirahat, dimana penghuni dikeluarkan dari kamar huni namun masih di dalam blok. tujuannya untuk penyegaran penghuni.

8. Pelayanan Tahanan (yantah) : salah satu subsie yang menangani semua hal tentang kebutuhan penghuni.

9. roll : pengecekan thd napi/tahanan baru yang masuk oleh bagian registrasi.

10. bezukan : kunjungan terhadap tahanan/napi.

11. 86 : dimengerti dan dilaksanakan. Istilah via HT.

12. Pos : terletak di pojok bangunan untuk tempat pengawasan.

13. Polsuspas : polisi khusus pemasyarakatan. dulu sipir.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: